Jurus Ampuh Menguasai Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris ternyata mudah. Yang susah tuh menguasainya.

Lo belajar Bahasa Inggris bertahun-tahun. Tapi yang lo paham cuman tiga kalimat aja:

 

I lop yu. 

Teng Qi Yu.

Ayam sori. 

 

Seenggaknya itulah pengalaman gue. Padahal gue udah belajar semenjak SD. Ditambah lagi SMP. Belum lagi SMA. Plus….kursus intensif seminggu 3 kali.

Tapi entah apa dosa gue, bertaun-taun gue latihan hasilnya NOL BESAR.

Gue udah coba segala cara. Mulai dari senam lidah. Sampe sarapan roti 1000-an tiap pagi. Biar lidahnya langsung berubah jadi lidah bule.

Tapi gue ga sampe lebay banget. Misalnya:

 

Kemana-mana bawa kunci Inggris.

Kalo makan ga lupa pake kecap Inggris.

Selalu pake garam Inggris.

 

Yang gue lakuin adalah nyengir kuda setiap kali liat hasil tes bahasa Inggris.

Dari situlah gue sadar bahwa gue telah banyak mengalami kegagalan cinta dan pelajaran sekolah.

 

Sampai akhirnya….

 

Gue ketemu sohib lama gue yang aduhai ngedenger cerocosan Inggrisnya.

Terang aja, bagaikan Juliet ketemu Romeo, gue langsung seneng setengah mati. Inilah dia yang gue cari. Seseorang yang telah jelas menguasai Bahasa Inggris, baik written English ataupun converstional English.

Tanpa banyak cas cis cus, sohib gue yang baik hati ini memberi tips cara belajar Bahasa Inggris.

 

Tips Belajar Bahasa Inggris No #1

 

Inilah tips yang pertama. Lo kudu ngubah bahasa lo.

 

Bicaralah Pakai Bahasa Inggris!

 

Praktek. Praktek. En praktek. Itu kuncinya.

Gue kan ga ngerti grammar. Lagin banyak kata-kata yang lom ngerti. Gimana mau ngomong pake Bahasa orang bule?

Ga pa pa. Ngomong aja sebisanya! Kata temen gue.

Mungkin dia bermaksud memotivasi gue. Kan waktu bayi kita juga ga bisa langsung bicara. Belajar satu dua kata walopun sering salah.

 

Tips Belajar Bahasa Inggris No#2

 

Cara belajar no#2 supaya cepet bisa adalah:

 

Berpikirlah Dalam Bahasa Inggris!

 

Kalau ngomong sih masih bisa gue toleransi. Tapi kalo berpikir dalam Bahasa Inggris….? Kan repot juga.

Masalahnya gue bisa berhenti ngomong. Tapi kalo disuruh berhenti berpikir, mana bisa. Gue sangat berharap ada tombol STOP di dalam otak.

Ngerinya begini. Karena kemampuan gue pas-pasan banget, gue nerjemahin Bahasa Indonesia kata per kata.

 

Harganya turun sedikit demi sedikit. The price is down litle litle.

 

Mungkin kalo ada Johny Depp ngedenger Bahasa Inggris gue, doi langsung nanya,

 

What are you talking about?

 

Tapi gue ga mau nyerah. Ini disebabkan karena paham bahwa Bahasa Inggris bisa bikin kita lebih mahal.

Coba aja lo perhatiin!

 

Kopi item: 2500

Black Coffee: 12.500

 

Es Teh: 2.000

Iced Tea: 7.500

 

Pijet: Seikhlasnya

Massage: 75.000

 

Lotek: 3.000

Mixed vegetable with hot chilli sauce: 65.000

 

Terbukti. Sedikit sentuhan Bahasa Inggris bisa menaikan harga suatu barang. Jadi ga ada alasan lo males belajar Bahasa Inggris.

Jadikan mapel B. Inggris sebagai ambisi lo. Kira-kira begitulah wejangan dari sohib gue tadi.

 

Tips Belajar Bahasa Inggris No#3

 

Sejauh ini kita udah tau 2 cara belajar Bahasa Inggris secara cepat. Pertama ngomong. Yang kedua, mikir. Harus bin kudu Bahasa Inggris.

Nah, tips temen gue yang nomor #3 adalah…

 

Bermimpilah Dalam Bahasa Inggris!

 

Ah, lo mah gila! Kata gue pas denger dia membeberkan rahasia besarnya tadi.

Masa iya bisa ngimpi juga kudu Inggris.

 

Usut punya usut, ternyata kalo lo punya keinginan kuat pasti keinginan lo kebawa ngimpi. Misalnya aja pas di bangku SMP…gue jatuh cinta.

Dan lo pastinya tau gimana rasanya terkena panah asmara.

Kemana-mana seolah ada aja senyumannya. Liat dinding, ada wajahnya. Liat langit-langit kamar, terbayang mukanya. Liat sepatu sekolah, inget canda tawanya.

 

Eh…pas tidur, ketemu dia lewat mimpi.

 

Itu maksudnya. Kalo lo jatuh cinta dengan mapel Bhs. Inggris, lo pun kudu bermimpi pake Bahasa Inggris.

Sampe detik ini gue sih belum ngimpi pake bahasa Inggris. Paling-paling ngimpi belajar di EF, Wallstreet, Beltriz, atau BBC. 

 

Nah,

 

Apakah sodara-sodara tertarik dengan tiga tips belajar Bahasa Inggris ala sohib saya? Iya atau tidak, silakan komen di bawah ini.

Cukup isi komen en nama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.